Breaking News
recent

Bedah Total Mesin All New Satria F150



Bedah Total Mesin All New Satria F150 - Selasa (16/2) lalu dalam Sentul International Circuit adalah hari peluncuran generasi paling baru dari Satria, yaitu All New Suzuki Satria F150. Tak hanya tampangnya yang baru, tapi mesinnya pula benar-benar baru, kini telah injeksi dan pakai radiator, serta banyak pula ubahan yang bertujuan memaksimalkan prestasi. Apa saja?

Piston Kian Pendek
Dari ruang membakar diameter piston masih tentu dengan generasi sebelumnya yakni 62 mm, namun tersedia perubahan profil. Pertama membubuhkan pin 15 mm, kian kecil 1 mm daripada generasi sebelumnya yang serta 16 mm. Lalu piston dibikin lebih pendek, menjulung puncak piston ke emblem dari 45 jadi 39 mm. Menurut Joseph Tan, Trainer 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) supaya bobot piston lebih rendah 16% dari Satria karbu.

Klep Makin Besar
Klep alias klep juga menanggung rombakan, terjadi pembekakan sejumlah 2 mm, "Efisiensi volumetrik jadi lebih baik, " terang Joseph. Katup in yang awalnya 22 mm menjadi 24 dan klep ex dari 19 mm sekarang jadi 21 mm. Agar saat overlap kian aman, pembesaran dilakukan secara merombak sudut klep, bila Satria lama sudut klep in dan ex kolektif 20°, maka di corak baru jadi 16° untuk in dan 17° untuk ex. Sedang batang klep sama 4, 5 mm, namun ukurannya sedikit kian panjang.

Kompresi Tinggi
Model ruang bakar juga dirombak, bertujuan menaikkan rasio kompresi jadi 11, 5: 1 meningkat dari Satria karbu yang hanya 10, dua: 1. "Jadi sebaiknya tidak pakai Premium, minimal Pertalite lah, " saran Joseph.

Radiator Paling Besar pada Kelasnya
Dengan rasio kompresi lebih tinggi, otomatis gawat yang dihasilkan juga makin besar, tapi gak butuh khawatir jadi mudah overheat, karena Suzuki membekali beserta sistem pendingin cairan mengenakan radiator dengan dimensi menyimpangkan besar di kelasnya, rangking cairan mencapai 1. 260 ml.

Tensioner Keteng Wahid Arah
Bagian rantai jentera alias keteng juga menyebrangi upgrade, sekarang pakai keteng dengan tipe 4: 3 dari 3: 2 jadi lebih kuat. Keteng itu mirip milik Suzuki FXR150. Tensionernya juga diganti desain satu arah, seperti milik Shogun sehingga lebih memuaskan, bukan per spiral lagi.

Sistem Kopling Outer Pull Baru
Pada generasi terbarunya ini terdapat perbedaan di sistem kopling outer pull-nya, yaitu dengan jumlah kekuatan stut lebih sedikit. "Efeknya adalah feeling memainkan koplingnya menjadi lebih sporty & sangat responsif, namun terdapat sisi negatif yaitu kopling menjadi berat, tapi gak perlu khawatir kita sudah biasa mengatasinya agar tetap rendah dengan cara as stutnya dibuat tebal, " merasuk ujar Joseph.

Masih penuh lagi perbedaan pada Suzuki Satria F150 injeksi tersebut, seperti di rasio serta sistem injeksi tentunya. Target tau selengkapnya? Tunggu dalam artikel selanjutnya.
Mas Donny

Mas Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.